Cantik, Berjilbab Yuk … !!!

Bismillahirrahmanirrahiim

Hijab dan jilbab, apa sih bedanya ?

Hijab menurut pengertiannya adalah penutup secara umum. Hijab dapat berupa kain pembatas, dinding pembatas, kelambu, atau apapun yang menutupi dan membatasi sesuatu. Secara umum, hijab lebih sering dimaknai sebagai jilbab. Padahal, pada hakikatnya, jilbab lebih dari hijab. Dan hijab belum termasuk jilbab.

Jilbab adalah pakaian yang longgar yang dijulurkan ke seluruh tubuh untuk menutupi aurat bagi wanita. Hal ini terdapat dalam Al-Qur’an surat Al-Ahzab : 59

Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu’min: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Sahabat muslimah, sekarang sudah tahu kan apa bedanya hijab dan jilbab. Yuk perhatikan, pada jaman sekarang ini, banyak media ataupun organisasi-organisasi yang amat giat menyuarakan hijab . Bahkan terdapat pula kumpulan muslimah yang berhijab menamakan diri mereka sebagai hijaber’s. Para hijaber’s ini mengkreasikan kain penutup yang biasa disebut hijab dengan aneka rupa dan bentuk. Mereka juga menambah hiasan di sana-sini. Alhasil, muslimah yang memakai hijab dengan berbagai kreasi ini akan terlihat lebih cantik menurutnya.

Cantik memang, dan paradigma bahwa memakai jilbab  itu kuno berubah menjadi sebuah trend dan mode dengan gaya yang senantiasa diperbarui. Hal ini sangat menarik dan menumbuhkan minat berhijab pada kaum akhwat yang pada awalnya mereka belum menutupi aurat. Dengan demikian, meningkatlah populasi para hijaber’s . Afwan, saya tidak bermaksud menyalahkan atau menyinggung perasaan suatu komunitas.

Tapi, tahukah kalian cantik Allah memerintahkan wanita muslimah untuk berjilbab bukan sekedar berhijab. Allah Subhanahu Wata’alaa juga telah memerintahkan wanita untuk menjulurkan jilbab bukan menghias hijab. Sedangkan, pada saat ini kebanyakan wanita mengenakan hijab tanpa memperhatikan sesuai tidaknya dengan syari’at Islam.

Di manakah letak ketidaksesuaian tersebut?

Yuk Perhatikan gambar di bawah ini dan simak penjelasannya ya ^_^

1. Berpunuk Unta

Sahabat muslimah, tahukah kalian bahwa dalam sebuah hadits shahih Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda :

صِنْفَانِ مِنْ أَهْلِ النَّارِ لَمْ أَرَهُمَا قَوْمٌ مَعَهُمْ سِيَاطٌ كَأَذْنَابِ الْبَقَرِ يَضْرِبُونَ بِهَا النَّاسَ وَنِسَاءٌ كَاسِيَاتٌ عَارِيَاتٌ مُمِيلاَتٌ مَائِلاَتٌ رُءُوسُهُنَّ كَأَسْنِمَةِ الْبُخْتِ الْمَائِلَةِ لاَ يَدْخُلْنَ الْجَنَّةَ وَلاَ يَجِدْنَ رِيحَهَا وَإِنَّ رِيحَهَا لَيُوجَدُ مِنْ مَسِيرَةِ كَذَا وَكَذَا

“Ada dua golongan dari penduduk neraka yang belum pernah aku lihat:
Suatu kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi untuk memukul manusia dan,Para wanita yang berpakaian tapi telanjang, berlenggak-lenggok, kepala mereka seperti punuk unta yang miring. Wanita seperti itu tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya, walaupun baunya tercium selama perjalanan sekian dan sekian.” (HR. Muslim no. 2128)

Oleh karena itu, alangkah lebih indah bila kita mengenakan jilbab tanpa harus mengumpulkan rambut dan membentuknya ke atas seperti punuk unta. Karena hal itu sama saja menampakkan aurat. Lalu bagaimana donk yang seharusnya ?

Cantik, perhatikan gambar ini ya ….

Nah, seharusnya seperti ini. Lihat, lebih indah kan tanpa punuk unta di atasnya.🙂

2. Berpakaian tapi telanjang

Dalam hadits yang telah diterangkan sebelumnya, dijelaskan bahwa wanita berpakaian tapi telanjang juga termasuk ke dalam wanita penghuni neraka yang tidak mencium bau syurga (Na’udzubillahimindzalik) yang dilihat Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam. Oleh karena itu, sebagai muslimah yang diwajibkan menutup aurat kita harus mengetahui bagaimana sih berpakaian tapi kok telanjang? Pakaian di sini memang dimaksudkan memakai pakaian seperti biasanya. Namun, dikatakan telanjang karena pakaian tersebut menampakkan lekuk tubuh wanita dan berbahan transparan . Sehingga bagian dalam, atau aurat wanita nampak terlihat dari luar. Sungguh, sangat disayangkan bila seorang muslimah yang dengan niat menutupi aurat malah justru menjadi mebungkus auratnya.

Ingat cantik, kita diperintahkan untuk MENUTUP bukan MEMBUNGKUS. Terus, pakaian seperti apa yang dinamakan MENUTUP AURAT? Beberapa kriterianya yaitu :

a. Longgar / tidak ketat

b. Bahannya tebal / tidak trasnparan

c. Tidak membentuk lekukan tubuh

d. Bukan celana, jeans, legging , dan sejenisnya.

e. Menutupi dada

Perhatikan contoh di bawah ini :

Gambar tersebut adalah contoh berpakaian tapi telanjang . Pakaian yang membentuk lekukan tubuh, menampakkan aurat, dan tidak menutupi dada. Dan pakaian ini seringkali digunakan oleh banyak muslimah. Padahal hal ini adalah membungkus aurat hingga terlihat lekukannya. Ingat sahabat, Tipu daya syaitan itu amat halus. Dan jangan sampai kita masuk ke dalam perangkap dan jebakannya hanya karena mementingkan mode dan penampilan.

Janganlah engkau ingin tampil cantik di hadapan manusia, tapi jadilah cantik di hadapan Allah Subhanahu Wata’alaa.

Perhatikan gambar ini . Gambar di sisi kiri bertuliskan “menutup aurat” adalah contoh yang benar. Sedangkan gambar di posisi kanan bertuliskan”membalut aurat” adalah contoh yang tidak patut ditiru.

Alhamdulillah sahabat, pada kesempatan ini kita dapat membahas 2 hal penting dalam berpakaian menutup aurat yaitu, tidak memakai jilbab dengan punuk unta dan tidak memakai pakaian yang transparan ataupun ketat. Sahabat, setelah kita mengetahui bagaimana ilmu syari’at yang benar untuk menutupi aurat, yuk sama -sama kita perbaiki diri dan menyempurnakannya agar benar-benar menutupi aurat sesuai dengan ajaran Islam yang Indah.

Sahabat muslimah, sampai di sini dulu ya pembahasannya. Insya Allah saya akan melanjutkannya di tulisan selanjutnya “Cantik Berjilbab Yuk…!!! (lanjutan )”.

Mohon maaf, apabila banyak kesalahan dalam penulisan artikel ini. Semoga bermanfaat (^_^)

Alhamdulillahirabbil’alamiin.

2 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s