Marhaban Ya Ramadhan

ramadan

Assalammu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Bismillahirrahmanirrahiim

Marhaban Ya Syahrul Ramadhan

Alhamdulillah hanya tinggal menghitung hari kita akan memasuki bulan yang penuh dengan rahmat, yaitu Bulan Ramadhan. Bulan yang di dalamnya ada Malam Lailatul Qadr malam yang lebih baik dari seribu bulan. Wah ga kebayang deh betapa banyaknya rahmat yang Allah subhanahu Wa ta’ala turunkan di bulan ini.

Pada bulan ini diwajibkan bagi kita umat islam untuk melaksanakan puasa. Ini puasa hukumnya wajib lho… Ini dia dalilnya :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang2 yang beriman, diwajibkan bagimu berpuasa, sebagaimana telah diwajibkan pada orang2 sebelum kamu. Mudah2an kamu bertakwa” (Al -Baqarah:183)

Nah, udah tahu kan kalau hukumnya WAJIB . Artinya, dikerjain dapat pahala, ga dikerjain ya berdosa. Keutamaan puasa di bulan Ramadhan ini adalah sebagai berikut :

  • Dapat menghapus dosa.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم : مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ.

Dari Abu hurairoh Radhiallahu ‘anhuberkata: bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:” Barangsiapa yang berpuasa pada bulan romadhon penuh dengan keimanan dan pengharapan pahala dari Allah niscaya ia diampuni dosa-dosanya.” (HR. Bukhori No.38)

  • Memberi syafaat pada hari kiamat.

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

(( الصِّيَامُ وَالْقُرْآنُ يَشْفَعَانِ لِلْعَبْدِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ. يَقُولُ الصِّيَامُ: أَىْ رَبِّ مَنَعْتُهُ الطَّعَامَ وَالشَّهَوَاتِ بِالنَّهَارِ فَشَفِّعْنِى فِيهِ. وَيَقُولُ الْقُرْآنُ: مَنَعْتُهُ النَّوْمَ بِاللَّيْلِ فَشَفِّعْنِى فِيهِ. قَالَ: فَيُشَفَّعَانِ ))

Puasa dan al-Qur’an memberi syafaat kepada hamba pada hari kiamat. Puasa berkata, ‘Wahai Robbku, aku telah menahannya dari makan dan syahwat pada siang hari, maka berikanlah syafaat kepadaku untuknya.’ al-Qur’an berkata, ‘Wahai Robbku, aku telah menahannya dari tidur di malam hari, maka berikanlah syafaat kepadaku untuknya.’ Lantas keduanya memberi syafaat kepada hamba tersebut.” (HR. Ahmad No.6626, dishahihkan al-Albani)

  • Pahala puasa tidak terhingga.

Dalam HR. Bukhori No.1904:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ اللَّهُ كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ لَهُ إِلَّا الصِّيَامَ فَإِنَّهُ لِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِ

Dari Abu Hurairoh Radhiallahu ‘anhu berkata: bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda: “ Setiap amalan anak adam untuknya kecuali puasa, ia milik-Ku dan Akulah yang akan membalasnya.”

  • Orang yang berpuasa diberi pintu khusus masuk surga yaitu ar-Royyan.

Dalam HR. Bukhori No.1896

عَنْ سَهْلٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: إِنَّ فِي الْجَنَّةِ بَابًا يُقَالُ لَهُ الرَّيَّانُ يَدْخُلُ مِنْهُ الصَّائِمُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ لَا يَدْخُلُ مِنْهُ أَحَدٌ غَيْرُهُمْ.

Dari Sahl Radhiallahu ‘anhu dari Nabi shalallahu ‘alaihi wassalam bahwa beliau bersabda:” Sesungguhnya di surga terdapat pintu yang disebut ar-Royyan yang akan dimasuki oleh orang-orang yang puasa pada hari kiamat dan tidak ada seorangpun yang masuk melainkan mereka.

Subhanallah, yuk kita berlomba-lomba untuk meraih keutamaan-keutamaan itu. Kita juga harus bersyukur karena ALLAH telah mempertemukan kita semua dengan bulan suci Ramadhan. Banyak mereka yang tidak mendapatkan kesempatan ini, karena mereka telah pergi mendahului kita ataupun karena sakit yang menyebabkannya tidak dapat melaksanakan puasa. Bagi kita yang dapat menjalankannya, jangan sia-siakan kesempatan emas ini.

Saudaraku, puasa  bukan hanya menahan lapar dan haus saja. Tapi jauh di dalamnya, banyak terkandung hikmah dan manfaat bagi manusia. Subhanallah , Allah Maha Pengasih dan Penyayang udah dikasih pahala melimpah kita juga dapat manfaat dan hikmahnya.

Penasaran apa hikmahnya? Yuk lanjut bacanya hehe

1. Bulan Ramadhan bulan yang mengajarkan kita tentang kesabaran dan mampu melatih diri untuk peka terhadap perasaan saudara-saudara kita yang tidak mampu. Dengan berpuasa kita menahan rasa lapar dan haus hingga tiba waktu berbuka. Untuk menahan itu dibutuhkan hati yang sabar. Dan dengan berpuasa pula, kita dapat merasakan bagaimana rasanya kelaparan yang diderita saudara kita yang kekurangan . Pada akhirnya, kita akan lebih menghargai dan mensyukuri segala rizki yang diberikan Allah Subhanahu Wa Ta’alaa

2. Dengan berpuasa kita dapat disiplin dan sangat menghargai waktu. Karena bulan Ramadhan adlah bulan penuh Rahmat, maka kita harus punya target nih, contohnya mengahapal Al-Qur’an, atau khatam AL-Qur’an 2x dalam sebulan. Atau berapapun target kita, dan untuk meraihnya diperlukan kedisiplinan yang tinggi.

3. Mejalin Silaturahmi. Masjid selalu penuh di bulan apa hayoo ??? Pasti Bulan Ramadhan. Yapz, bener banget karena pada bulan ramadhan kita melaksanakan shalat Tarawih berjama’ah di masjid – masjid sekitar rumah. Tua muda, bapak ibu, anak-anak, pasti berbondong-bondong pergi ke masjid untuk shalat tarawih. Dari hal ini, dapat kita ambil hikmah berupa terjalinnya silaturahmi dan semakin erat manakala kita dapat lebih saling mengenal dengan saudara-saudara kita. Contoh, karyawan yang biasanya sibuk bekerja berangkat pagi pulang malem ga pernah ada waktu untuk menyapa tetangganya, dengan adanya pergi shalat tarawih berjama’ah maka ia dapat menyapa tetangganya, menjalin silaturahmi dengannya. Ya itu hanya contoh kecil. Tapi, harus jadi catatan penting nih, saudaraku jangan hanya bulan Ramadhan  aja mesjid penuh sampe ke luar dan jangan hanya di awal ramadhan saja. Hal ini harus konsisten berlaku sepanjang Ramadhan dan Bulan-bulan lain. Terutama untuk para ikhwan, harus rajin-rajin ya berjama’ah di masjid.

4. Menahan diri dari berbuat dosa. Puasa bukan hanya menahan lapar dan haus aja saudaraku, tapi dengan puasa kita juga harus belajar menahan amarah, ghibah, prasangka buruk, dan perbuatan dosa lainnya. Maka hal ini akan melatih diri dan hati untuk menjauhi dosa. Istiqomahkanlah saudaraku, karena hal ini bukan hanya pada saat berpuasa saja.

5. Pada bulan Ramadhan ini kita juga diwajibkan mengeluarkan Zakat fitrah bagi yang mampu. Zakat inilah yang akan membersihkan harta yang kita miliki. Dengan zakat ini pula, berarti kita telah membantu saudara-saudara kita yang kekurangan.

Mungkin, hanya beberapa hikmah dan keutamaan yang dapat saya sebutkan dalam berpuasa di bulan Ramadhan. Karena, masih sangat banyak hikmah yang akan kita rasakan bila kita benar-benar menjalankan ibadah puasa wajib ini dengan niat mengharap Ridho Allah Subhanahu Wa Ta’alaa. Demikian saudaraku, semoga tulisan singkat ini dapat bermanfaat meski hanya sedikit ilmu yang dapat saya sampaikan.

Saya mohon maaf bila ada kekurangan maupun kesalahan.

Alhamdulillahirabbil’alamiin

Wassalammu’alaikum warahmatullahi wabarakatuhGambar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s